Langsung ke konten utama

Perbedaan Pinjaman Uang Online dengan Pinjaman Langsung (Offline)

Pinjaman Online Tanpa Agunan asakita


Perbedaan Pinjaman Uang Online dengan Pinjaman Langsung (Offline)


Kebutuhan dana memang tidak pernah selesai dengan kehidupan seperti sekarang ini, yang menuntut masyarakat secara finansial untuk terus melakukan perkembangan. Kemudahan syarat dan pencairan dana semakin membuat sebagian orang memilih melakukan pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan hidup maupun sebagai tambahan dana untuk bisnis yang dijalani.
Banyaknya penyedia dana yang beredar di Indonesia, membuat sebagian orang bimbang memilih, terutama bagi orang yang kurang memahami tentang pinjaman kepada bank maupun pinjaman melalui online. Berikut perbedaan melakukan pinjaman dana secara online dan offline (mendatangi kantor cabang seperti bank dan koperasi) yang perlu Anda cermati.

Persyaratan 

Perbandingan pertama yaitu terletak pada persyaratan yang diberikan pihak peminjam dana. Peminjaman dana secara offline atau melalui bank, umumnya memiliki syarat untuk memberikan agunan atau jaminan kepada pihak bank yang dapat berupa sertifikat tanah maupun surat kendaraan bermotor.
Pinjaman online biasanya memberikan syarat yang cukup mudah untuk dipenuhi oleh nasabah, karena hanya terdiri dari informasi diri, informasi pekerjaan, informasi kontak darurat yang biasanya anggota keluarga, dan foto (KTP, NPWP, dan slip gaji). Kemudahan syarat biasanya menjadikan sebagian orang lebih memilih melakukan pinjaman uang secara online.

Proses Pencairan

Perbedaan kedua antara pinjaman online dengan pinjaman offline terletak pada proses pencairan. Biasanya saat melakukan pinjaman di bank, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerima pencairan dana. Hal ini karena sebelum peroses pencairan akan dilakukan survey yang dilakukan oleh pihak bank kepada calon nasabah.
Proses pencairan dana antara bank dengan pinjaman online tentu berbeda untuk durasi waktunya. Pinjam secara online biasanya membutuhkan hanya 15 menit hingga 1 hari untuk proses awal saat pengajuan. Selain itu, pencairan dana secara online juga relatif lebih cepat yang berkisar antara 1-3 hari saja untuk pencairan dana. 
Jangka Waktu Kredit
Perbedaan yang cukup terlihat selanjutnya yaitu jangka waktu cicilan kredit antara pinjaman offline dengan pinjaman online. Pinjaman secara offline atau melalui bank biasanya memberikan waktu pembayaran yang bertahap dan disesuaikan dengan kemampuan nasabah, dan hal ini merupakan kelebihan dari pinjaman secara offline.
Jangka waktu pinjaman online, tentu berbeda dari pinjaman secara offline. Apabila pada pinjaman offline akan menyesuaikan kemampuan nasabah, berbeda dengan jangka waktu yang diberikan pinjaman online yang biasanya relatif lebih cepat bergantung besar kecilnya pinjaman yang diterima nasabah. Biasanya jangka waktu yang diberikan pinjaman online dalam kurun waktu antara satu bulan hingga dua bulan bergantung besar kecilnya pinjaman.

Itulah perbedaan antara pinjaman uang secara online dengan pinjaman secara offline. Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum melakukan pinjaman. Perlu diingat untuk memilih tempat meminjam yang terpercaya dengan adanya otoritas dari jasa keuangan, atau yang biasa disebut OJK

Komentar